IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN ANGKA BERBASIS GAME EDUKASI MENGGUNAKAN MIT APP INVENTOR PADA ANAK USIA DINI 4-6 TAHUN

Authors

  • Zeinul Alim Fakultas Teknik, Universitas Kahuripan Kediri Author
  • Candra Adipradana Fakultas Teknik, Universitas Kahuripan Kediri Author
  • Afifah Nurul Izzati Fakultas Teknik, Universitas Kahuripan Kediri Author
  • Mohammad Saichu N Fakultas Teknik, Universitas Kahuripan Kediri Author

Keywords:

Media Pembelajaran, Game Edukasi, Mit App Inventor

Abstract

Pendidikan awal anak usia dini merupakan fase kritis dalam perkembangan kognitif mereka, Perkembangan kognitif yang lebih familiar dalam perkembangan anak-anak dengan pengenalan angka dimana pengenalan konsep-konsep dasar seperti angka memainkan peran penting dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan media pembelajaran berbasis teknologi dalam bentuk aplikasi berbasis game eduksi menggunakan MIT App Inventor, khususnya untuk memperkenalkan angka kepada anak usia 4-6 tahun di Ra kusuma mulia ngetrep. Peneliti menemukan bahwa masih banyak anak yang kemampuan berhitung belum berkembang sesuai yang diharapkan. Metode pengembangan aplikasi ini menggunakan metode penelitian (research and development) dengan model luther yang memiliki 6 tahapan yaitu konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian dan distribusi. Hasil praktikalitas game edukasi berbasis mobile untuk meningkatkan minat belajar anak memperoleh presentase keseluruhan aspek 89,8% yang dikatagorikan sangat praktis. Menerapkan sebuah media pembelajaran interaktif yang menggunakan game edukasi berbasis mobile untuk membantu anak usia dini (4-6 tahun) dalam mempelajari pengenalan angka. Selanjutnya diharapkan dapat membuat aplikasi dengan angka yang lebih banyak agar dapat menambahkan wawasan lebih jauh terhadap anak di usia dini.

Published

2025-01-03