KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN METODE PROJECT-BASED-LEARNING BERBASIS MENGGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN SELF-CONFIDENCE SISWA XI-5 SMAN 1 GURAH
Keywords:
Self-confidence, PjBLAbstract
Self-confidence yang dimaksudkan peneliti yaitu sebuah perilaku mengenai kepercayaan diri siswa kelas XI-5 terhadap keberanian diri untuk berbicara di depan kelas, berani mengemukakan pendapat, dan memiliki keberanian untuk bertanya. Permasalahan tersebut diberikannya layanan Bimbingan Klasikal dengan metode pembelajaran PjBL berbasis menggambar. Tujuan penelitian untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan klasikal dengan metode project based learning berbasis menggambar dalam meningkatkan self-confidence siswa XI-5 SMAN 1 Gurah. Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah kuantitatif eksperimen berjenis One-Group Pretest-Posttest Design. Hasil uji wilcoxon pada penelitian ini menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig sebesar 0,001 yang berarti kurang dari < 0,05. Artinya H0 ditolak, dan Ha diterima, dimana terdapat adanya perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dengan posttest. Jadi dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan klasikal dengan metode project based learning berbasis menggambar efektif untuk meningkatkan self-confidence siswa XI-5 SMAN 1 Gurah.