OPTIMALISASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN RME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V
Keywords:
RME, matematika, hasil belajarAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika melalui penerapan pendekatan RME. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan secara berkelanjutan selama dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Banjarmlati 2 yang berjumlah 27 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tes. Proses pengolahan data yang pada penelitian ini menggunakan proses analisis kualitatif dengan statistik sederhana. Hasil analisis data sebelum tindakan rata-rata nilai siswa 55,56 dengan persentase ketuntasan 22%. Setelah tindakan perbaikan siklus 1, hasil evaluasi siswa megalami peningkatan dengan nilai rata-rata 70,37 dan persentase ketuntasan 48%. Pada siklus 2, rata-rata nilai mengalami peningkatan menjadi 79,26, dengan persentase ketuntasan mencapai 78%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan RME dapat meningkatkan hasil belajar siswa

