PENINGKATAN HASIL BELAJAR PIKTOGRAM KELAS IV MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF

Authors

  • Irma Dillah Khoirun Nisa Program Studi Pendidikan Profesi Guru Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Marista Dwi Rahmayantis Program Studi Pendidikan Profesi Guru Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ria Wahyuning Budiasri SDN Banjarmlati 2 Kota Kediri

Keywords:

interaktif, matematika, hasil belajar, piktogram

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada materi piktogram mata pelajaran matematika melalui media pembelajaran interaktif berupa video pembelajaran dan kuis interaktif Wordwall. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pada 28 siswa, data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan dianalisis secara kuantitatif. Hasil prasiklus menunjukkan hasil belajar siswa masih rendah. Siklus 1 mencapai rata-rata 72,32 dengan ketuntasan 67,8%. Siklus 2 menunjukkan peningkatan signifikan dengan rata-rata 85,43 dan ketuntasan 92,8%. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi piktogram, memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna dalam memahami penyajian data.

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PIKTOGRAM KELAS IV MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF. (2025). Journal of Composite Social Humanisme, 2(2), 22-31. https://ojs.shahida.or.id/index.php/composite/article/view/38

Similar Articles

1-10 of 17

You may also start an advanced similarity search for this article.