TINDAKAN SOSIAL KONTEN KREATOR MEDIA SOSIAL PONDOK PESANTREN AL-IKHLAS KALIBOTO

Authors

  • Sahal Awaludin Qohar Sosiologi Agama, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri Author
  • Mukhammad Khamdari Sosiologi Agama, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri Author
  • M. Syahrul Ulum Sosiologi Agama, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri Author

Keywords:

Konten Kreator, Tindakan Sosial, Media Sosial

Abstract

Media sosial seperti Instagram, Youtube, Facebook, Tik-tok dan lain-lain merupakan instrumen strategis dalam memberikan informasi di era digital. Dengan keefektifannya dalam menjangkau sasaran masyarakat secara lebih luas, seringkali media sosial dimanfaatkan oleh para pendakwah dalam menyebarkan nilai-nilai agama. Pondok Pesantren Al-Ikhlas merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang menggunakan media sosial untuk melakukan hal tersebut. Beberapa santri yang memiliki kemampuan dalam membuat konten dijadikan tim sebagai pengelola akun media sosial pesantren di sana. Dengan menggunakan teori tindakan sosial dari Max Weber, penelitian ini akan mendeskripsikan secara analitis mengenai makna subyektif dari para santri pegiat dakwah medsos di pondok pesantren AlIkhlas Kaliboto. Adapun metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi.

Downloads

Published

2024-08-25