INTERNALISASI NILAI-NILAI KEBANGSAAN MELALUI PEMBELAJARAN PPKN TERINTEGRASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA

Authors

  • Abu Sujak MTs Ummul Qura Sumber Sari, Pamekasan

Keywords:

PPKn, Pramuka, nilai kebangsaan, pendidikan karakter, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas integrasi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dengan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dalam menginternalisasikan nilai-nilai kebangsaan di MTs Ummul Qura Sumber Sari. Pembelajaran PPKn yang mengajarkan nilai-nilai kebangsaan seperti nasionalisme, persatuan, dan cinta tanah air diterapkan secara kontekstual melalui diskusi kelas dan diintegrasikan dalam kegiatan Pramuka seperti upacara bendera, latihan baris-berbaris, dan permainan yang menekankan kerja sama. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemahaman dan pengamalan nilai kebangsaan oleh siswa, yang tercermin dalam semangat mereka mengikuti kegiatan Pramuka dan aktif dalam diskusi. Sinkronisasi yang baik antara materi PPKn dan praktik Pramuka memperkuat internalisasi nilai-nilai kebangsaan, dengan adanya kolaborasi aktif antara guru dan pembina Pramuka. Namun, terdapat tantangan terkait keterbatasan waktu kegiatan dan ketersediaan modul yang mengintegrasikan keduanya. Temuan ini mendukung teori internalisasi nilai dan relevansi pendidikan karakter dalam Kurikulum Merdeka, serta dapat dijadikan model dalam pengembangan pendidikan karakter di madrasah

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

INTERNALISASI NILAI-NILAI KEBANGSAAN MELALUI PEMBELAJARAN PPKN TERINTEGRASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA. (2025). Journal of Composite Social Humanisme, 2(2), 32-37. https://ojs.shahida.or.id/index.php/composite/article/view/43

Similar Articles

1-10 of 17

You may also start an advanced similarity search for this article.