PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn

Authors

  • Della Nor Safitri Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kahuripan Kediri
  • Fitri Mutmainnah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kahuripan Kediri
  • Harry Sugara Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kahuripan Kediri

Keywords:

Contextual Teaching and Learning, hasil belajar PPKn

Abstract

Berdasakan hasil survei saat pembelajaran PPKn di kelas X-TJKT1 dan X-TJKT3, peserta didik kurang berminat dalam mengikuti pembelajaran PPKn. Akibatnya, hasil belajar peserta didik masih rendah. Selain itu, peneliti melihat belum ada model mengajar yang guru gunakan dalam kegiatan belajar mengajar dan bisa dikatakan guru masih memakai metode pembelajaran secara  konvesional. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PPKn kelas X di SMK Islam Kunjang melalui metode Contextual Teaching and Learning (CTL). Metode quasi eksperimen digunakan dengan desain Pre-test – Post-test Nonequivalent Multiple-Group. Sampel dipilih secara purposive, dengan kelas X-TJKT1 sebagai kontrol dan X-TJKT3 sebagai eksperimen. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada kelas CTL dengan rata-rata post-test 86,30 dibandingkan kelas konvensional 61,96. Uji-t menghasilkan P (0,001) < 0,05 dan thitung = 17,338 > ttabel = 1,72913, menunjukkan perbedaan signifikan. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar.

Downloads

Published

2025-02-15

How to Cite

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn. (2025). Journal of Composite Social Humanisme, 2(1), 17-27. https://ojs.shahida.or.id/index.php/composite/article/view/45

Similar Articles

1-10 of 21

You may also start an advanced similarity search for this article.