PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN DAN KEAMANAN FITUR SPAYLATER PADA E-COMMERCE SHOPEE TERHADAP PERILAKU IMPULSIVE BUYING STUDI KASUS MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS KAHURIPAN KEDIRI

Authors

  • Nur Minka Trisnawati Program Studi Manajemen, Universitas Kahuripan Kediri
  • Petty Arisanti Program Studi Manajemen, Universitas Kahuripan Kediri

Keywords:

SPayLater, Keamanan, Kemudahan, Impulsive Buying

Abstract

Hadirnya inovasi fintech landing seperti Shopee PayLater dalam situs perbelanjaan online membawa transformasi dan cara pandang yang berbeda bagi masyarakat dalam dunia finansial, khususnya di kalangan mahasiswa yang masih minim akan literasi keuangan dan kontrol emosional. Adanya kemudahan, fleksibilitas, serta jaminan keamanan data menjadi salah satu kunci peranan dalam mendorong perilaku impulsive buying. Penelitian ini diolah berdasarkan survei terhadap 91 mahasiswa pengguna SPayLater di Universitas Kahuripan Kediri dengan metode kuantitatif deskriptif yang diolah menggunakan perangkat lunak SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi terhadap kemudahan dan keamanan SPayLater memberikan berpengaruh signifikan dan simultan dalam mendorong perilaku pembelian impulsive pada mahasiswa di Universitas Kahuripan Kediri.

Downloads

Published

2025-10-23

How to Cite

PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN DAN KEAMANAN FITUR SPAYLATER PADA E-COMMERCE SHOPEE TERHADAP PERILAKU IMPULSIVE BUYING STUDI KASUS MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS KAHURIPAN KEDIRI. (2025). Journal of Composite Social Humanisme, 2(5), 80-91. https://ojs.shahida.or.id/index.php/composite/article/view/81