STRATEGI INOVASI PRODUK DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PADA UKM AVEILLA BATIK KOTA MADIUN

Authors

  • Ria Siswanti Program Studi Manajemen, Universitas Kahuripan Kediri
  • Tuwis Hariyani Program Studi Manajemen, Universitas Kahuripan Kediri

Keywords:

Strategi, Inovasi Produk, Daya Saing

Abstract

Adanya suatu persaingan bisnis yang ketat dan perkembangan produk yang bervariasi  mengharuskan seorang pemilik usaha untuk memiliki strategi dalam menghadapi permasalahan tersebut. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah strategi inovasi produk, dimana strategi tersebut dapat meningkatkan daya saing. Penelitian mengenai strategi inovasi produk perlu dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana karakteristik inovasi produk, untuk mengetahui bagaimana cara melakukan inovasi produk, untuk mengetahui bagaimana tipe inovasi produk, untuk mengetahui dimensi inovasi produk serta untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam melakukan inovasi produk pada suatu UKM, dimana strategi tersebut dilakukan untuk meningkatkan daya saing. Jenis Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan tujuan untuk memperoleh gambaran lebih medalam terhadap kasus yang diteliti. Objek dalam penelitian ini yaitu strategi inovasi produk pada UKM Aveilla Batik Kota Madiun. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara,observasi dan dokumentasi.Wawancara dilakukan dengan pemilik UKM, anggota keluarga yang membantu, karyawan dan pembeli. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Analisis data yang digunakan dengan pengumpulan, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.Teknik keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Hasil dari penelitian ini adalah UKM Aveilla Batik Kota Madiun melakukan strategi inovasi produk berdasarkan karakteristik inovasi produk yang ditinjau dari aspek produk, aspek proses dan aspek manajemen, cara melakukan inovasi produk melalui mencari ide baru, mengamati produk yang serupa, melihat keinginan konsumen, serta melihat peluang yang ada, tipe inovasi produk melalui inovasi berbasis kemasan dan inovasi berbasis desain,dimensi inovasi produk melalui perluasan lini dan produk baru serta terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat dalam melakukan inovasi produk.        

Downloads

Published

2025-10-31

How to Cite

STRATEGI INOVASI PRODUK DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PADA UKM AVEILLA BATIK KOTA MADIUN. (2025). Journal of Composite Social Humanisme, 2(5), 102-113. https://ojs.shahida.or.id/index.php/composite/article/view/85

Similar Articles

1-10 of 14

You may also start an advanced similarity search for this article.