PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN KARANGAN DESKRIPTIF SISWA SMK AL-IKHLAS TAROKAN KEDIRI

Authors

  • karmila karmia SMK Al-Ikhlas Tarokan Kediri

Keywords:

Pengaruh, Pembelajaran Kontekstual, Karangan Deskriptif

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh pembelajaran kontekstual
(Contextual Teaching and Learning, CTL) terhadap kemampuan menyusun 
karangan deskriptif siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Al-Ikhlas 
Tarokan Kediri. Metode penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif, 
uji-t berpasangan, dan uji-t tidak berpasangan untuk menganalisis data yang 
diperoleh dari kelompok eksperimen yang menerima pembelajaran 
kontekstual dan kelompok kontrol yang menerima pembelajaran 
konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran 
kontekstual memberikan dampak positif yang signifikan terhadap 
kemampuan menulis siswa SMK. Nilai rata-rata posttest kelompok 
eksperimen meningkat secara signifikan, dengan standar deviasi yang lebih 
kecil menunjukkan konsistensi yang lebih baik dalam hasil belajar. Uji-t 
berpasangan menegaskan perbedaan yang sangat signifikan antara nilai 
pretest dan posttest kelompok eksperimen, sedangkan uji-t tidak berpasangan 
menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok, dengan 
kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih besar dalam 
kemampuan menyusun karangan deskriptif. Temuan ini memberikan 
dukungan empiris bagi efektivitas CTL dalam meningkatkan keterampilan 
menulis siswa SMK, menggarisbawahi pentingnya integrasi pendekatan 
pembelajaran yang relevan dengan konteks kehidupan nyata dalam 
pengajaran Bahasa Indonesia.

Downloads

Published

2024-07-15

How to Cite

PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN KARANGAN DESKRIPTIF SISWA SMK AL-IKHLAS TAROKAN KEDIRI. (2024). Journal of Composite Social Humanisme, 1(1), 1-10. https://ojs.shahida.or.id/index.php/composite/article/view/1

Similar Articles

1-10 of 11

You may also start an advanced similarity search for this article.